Motor DC: Prinsip, Konstruksi, Cara Kerja Motor DC

Definisi

Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik disebut motor. Motor listrik yang digerakkan oleh arus searah (DC) disebut motor DC.

prinsip motor DC

Ketika konduktor pembawa arus ditempatkan di medan magnet, ia mengalami torsi dan cenderung berputar. Torsi ini diberikan oleh

τ = NIBA cosα

Sederhananya, ketika medan elektromagnetik dan medan listrik berinteraksi, tekanan mekanis dihasilkan. Motor DC bekerja sesuai dengan prinsip ini. Ini dikenal sebagai aksi motorik. Arah gaya ini diberikan oleh aturan tangan kiri Fleming dan besarnya oleh F = BIL. B = kerapatan fluks magnet, I = arus dan L = panjang konduktor dalam medan magnet.

Struktur motor DC

Rotor

Bilah berasal dari kata "roda", yang menyiratkan bahwa bilah adalah bagian yang berputar secara elektrik dari motor DC. Ini berputar secara dinamis ketika tegangan diterapkan ke belitan angker. Hal ini tentunya akan menimbulkan aktivitas mekanis pada motor DC. Rotor terdiri dari

tombak

Inti jangkar

Penyikatan

Mengubah

belitan jangkar

Penyikatan

Sikat terhubung seperti jembatan ke komutator untuk memasok listrik dari rangkaian daya ke rotor. Kuas biasanya terbuat dari bahan karbon atau grafit.

pembalik

Komutator adalah tipe cincin terpisah. Cincin itu terbuat dari tembaga dan dibagi menjadi dua atau lebih, tergantung pada jumlah belitan angker.

Bagian split terhubung ke belitan angker. Tujuan utama sakelar adalah untuk memasok arus listrik ke belitan jangkar.

Polandia

Kutub di stator digunakan untuk membangkitkan sekelompok kutub magnet tertentu untuk memastikan bahwa rotor berputar. Ini langsung dibagi menjadi Post Core dan Pole Lugs.

Angker

Mereka adalah serangkaian gulungan yang dililitkan pada silinder besi.

Magnet permanen

Ini memberikan medan magnet ke angker.

Pengoperasian Motor DC.

Rotor biasanya terletak di dalam motor dan stator di luar. Rotor terdiri dari belitan kumparan yang ditenagai oleh arus searah (baterai/sumber listrik) dan stator berisi magnet permanen atau belitan elektromagnetik.

Ketika motor ditenagai oleh arus searah, medan magnet dihasilkan di dalam stator dan dibawa serta ditarik oleh magnet pada rotor. Ini menyebabkan rotor mulai berputar. Untuk menjaga putaran rotor, motor memiliki komutator.

operasi motor DC

Jika rotor diluruskan oleh medan magnet, itu pasti akan berhenti berputar, tetapi dalam hal ini komutator akan berputar dengan stator di sekitar arus dan dengan demikian berputar di sekitar medan elektromagnetik. Dengan cara ini rotor dapat terus berputar.

Kembali EMF di motor

Menurut hukum dasar alam, tidak ada transformasi energi yang mungkin terjadi kecuali ada sesuatu yang menentang transformasi tersebut. Dalam kasus generator, oposisi ini disediakan oleh hambatan magnet, tetapi dalam kasus motor DC ada gaya gerak listrik yang berlawanan.

Ketika angker motor berputar, konduktor juga mengurangi garis fluks magnetnya dan karena itu juga menyebabkan fem pada konduktor angker sesuai dengan hukum induksi elektromagnetik Faraday. Arah fem yang diinduksi ini sedemikian rupa sehingga berlawanan dengan arus jangkar (la).

Penghapusan idiot di angker

Sebagai konsekuensi dari penggunaan komutator, ada masalah kecil yaitu kehilangan torsi ketika arus berubah arah. Hal ini menyebabkan sentakan pada pengoperasian normal armature.

Oleh karena itu, dengan menggunakan jumlah lilitan kumparan pada inti besi lunak, dimungkinkan untuk menghindari sentakan dan menghasilkan torsi yang konstan dan konstan.

Keuntungan motor DC

Penampilan yang bagus

Kepadatan torsi yang relatif tinggi

Motor DC berjalan lancar

Kisaran penyesuaian kecepatan yang lebar

Gangguan elektromagnetik rendah

Kekurangan

Kontak merayap antara kolektor dan sikat menghasilkan percikan api

Masalah mekanis

Pemeliharaan yang tinggi

Masalah keandalan

aplikasi motor DC

Digunakan di ban berjalan, meja putar

Digunakan untuk menyalakan pompa air dengan mengubah kecepatan motor

Mobil, kereta api, dan mainan lain yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan motor DC

Motor DC digunakan pada mobil listrik karena daya tahan dan efisiensinya.

Diterjemahkan dari www.DeepL.com/Translator (versi gratis)

Komentar